Selasa, 24 November 2015

Sambal Jengkol




Hihihi....!!! aseli endes 'sambil agak malu2 aihh coz kebanyakkan orang kagak suka dengan nie jengkol tapi tak jarang banyak pula yang nagih lhoo.....seperti aku qiqiqiqi.
aku rasa wajib dicoba ^^  yang jelas kalau jengkol sangat tergantung bagaimana kita memperlakukan maksudnya gimana cara kita memproses dan mengolahnya  'serius akan menghasilkan jengkol yang enak se'enak-enaknya hihihi.....berlebihannya aku :D




Awalnya kitapun kagak suka tp setelah mencicipi jengkol masakan seorang teman ahh langsung jatuh cinta. si ayah juga gitu kalau kita beli paling dia nyoba barang satu atau dua biji saja tapi dengan jengkol masakan ala teman waduhh....'lahap boo'
dan akhirnya aku mendapatkan resepnya so tengkiuh mak haji *kecupkecup,kalau mau masak si jengki ini memang harus ekstra sabar hihihi.....merendamnya lebih kurang 2 hari kasih sedikit bubuk kopi biar tidak bauk yang menyengat baru deh di rebus hingga empuk dan siap untuk dimasak sesuai selera bisa di semur,balado,sambal dll.
kali ini pingin masak yang di sambelin saja yang pedas kayak masakan mak haji mudah2an seenak beliau ^^

Sambal Jengkol

Bahan:
250 gram jengkol yang telah direbus,potong2
1 buah tomat,potong2
minyak goreng secukupnya buat menumis
1 gelas air panas

Bahan sambal/bumbu halus:
10 biji cabe keriting
5 biji cabe rawit ( boleh lebih sesuai selera )
5 siung bawang merah
1 sdt terasi
gula merah secukupnya
gula pasir secukupnya
garam

Cara membuat:
Haluskan semua bahan sambal kemudian tumis sampai matang,masukkan jengkol dan segelas air panas rebus sampai matang dan bumbu meresap masukkan tomat masak kembali hingga kuah menyusut,periksa rasanya angkat dan siap disajikan.




Sejatinya bikin ini sambel ekstra gampang tapi ngabisinya lebih gampang lagi, nasi.. mana nasi.. siap2 yang buanyakkk qiqiqi....'membangkitkan nafsu makan euy.

Sok mangga dicoba dijamin des pedes endes.....^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar